Senin, 30 Juni 2014

5 Hal Agar Puasa Lebih Bermakna

Ramadan adalah bulan penuh berkah. Orang berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan ini karena pahalanya akan ditambah berkali lipat. 

Namun ada yang harus diingat, niat adalah yang utama. Jangan sampai melakukan kebaikan hanya untuk menerima pujian dari orang lain.

Berikut lima hal sederhana yang bisa dilakukan agar puasa Anda lebih bermakna seperti dilansir dari laman Arabia.msn.

Komunikasi dengan-Nya
Selama ini, Anda bisa mengobrol dengan teman hingga berjam-jam. Namun di bulan Ramadan, luangkan waktu lebih banyak dengan Sang Pencipta ketimbang menghabiskan waktu bercakap dengan teman dan kolega. Berkomunikasilah dengan doa. Selain itu jangan lupa mengucap rasa syukur.

Membantu orang lain
Banyak orang di sekitar yang membutuhkan bantuan Anda. Orangtua, adik, kakak, atau teman. Tidak selalu berbentuk uang, meluangkan waktu bersama bisa menjadi cara lain.

Berbagi
Berbagi tidak hanya di media sosial dengan berbagai jenis posting-an. Anda bisa mencoba membagikan barang yang tidak terpakai kepada mereka yang membutuhkan. Anda juga bisa melakukan sederhana dengan memberikan tumpangan kendaraan kepada teman yang memerlukan.

Tersenyum
Senyum merupakan hal sederhana yang bisa membuat suasana hati orang lebih riang. Tapi bukan senyum menggoda ya.

Menjaga perkataan
Masih ingat dengan peribahasa lidah tidak bertulang, salah petik jiwa hilang? Peribahasa yang berarti orang yang mendapat kemalangan karena tiada tahu menjaga tutur katanya ini bisa menjadi pengingat di bulan puasa. Di bulan Ramadan ini, jagalah tutur kata Anda. Bila ingin mengkritik, lontarkan dengan kalimat yang sopan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan kritik & saran xaa... ;)