Rabu, 24 April 2013

"Antibiotik" Perangi Bakteri

Antibiotik digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi yang diaplikasikan dengan  obat utama untuk menyembuhkan. Antibiotik hanya melawan infeksi bakteri dan tidak bekerja melawan  infeksi virus, karena itu kenali terlebih dahulu jenis antibiotik sebelum Anda mengkonsumsinya.



Antibiotik dan cara kerjanya 
Penicillin merupakan antibiotik pertama yang ditemukan pada tahun 1928 dari spesies jamur Penicillium oleh  pemenang Nobel, Sir Alexander Flemming. Nama antibiotik diusulkan pada tahun 1942 oleh Selman  Waksman Abraham, seorang ahli biokimia dan mikrobiologi asal Amerika. Kemajuan dalam bidang kimia obat-obatan inilah yang akhirnya menghasilkan senyawa antibiotik dari mikroorganisme hidup maupun zat  sintetis.
Cara kerja antibiotik mengobati infeksi bakteri bervariasi sesuai dengan jenis dari antibiotik itu sendiri.  Berdasarkan formulasi obat dan cara memerangi bakteri, ada dua jenis antibiotik bakteriostatik dan  bakterisida.

Antibiotik Bakteriostatik
Antibiotik Bakteriostatik menghambat pertumbuhan bakteri bahkan membunuhnya secara langsung. Karena  bakteri patogen terhambat pertumbuhannya, sistem kekebalan tubuh dapat dengan mudah memerangi infeksi. Contoh antibiotik bakteriostatik adalah spectinomycin (mengobati gonore), tetracycline (umum digunakan untuk infeksi),chloramphenicol (untuk semuajenis infeksi bakteri), dan macrolide(efektif untuk bakteri gram positif).

Antibiotik Bakterisida
Antibiotik bakterisida mengandung senyawa aktif yangsecara langsung membunuhbakteri. Antibiotik jenis inimenargetkan dinding sel luar,membran sel bagian dalam, serta susunan kimia bakteri. Contoh umum antibiotik bakterisida adalah penicillin (menyerang dinding sel luar), polymyxin (menargetkan membran sel),  dan quinolone(mengganggu jalur enzim).

Jenis Antibiotik
Lebih dari seratusjenis antibiotik yangdiproduksi secara alamidan sintetis.Namun sangatsedikit yangterbukti amandan efektifpenggunaan–nya. Sebaiknyaketahui duluklasifikasisetiap jenisantibiotik. Salahsatunya dengan caramengklasifikasikan antibiotik berdasarkan efek pada bakteri atau melalui struktur kimia.

 Sasaran Spesifik
Satu jenis antibiotik tidak akan mampu membunuh semua bakteri. Antibiotik juga diklasifikasikan  berdasarkan kekhususan target. Itu sebabnya antibiotik diklasifikasikan menjadi antibiotik spektrum luas dan antibiotik spektrum sempit.
Antibiotik spektrum luas efektif membunuh jenis bakteri patogen (tetracycline, tigecycline, dan chloramphenicol). Sedangkan antibiotik spektrum sempit(oxazolidinone dan glycylcycline) direkomendasikan untuk mengobati jenis tertentu dari bakteri penyebab penyakit.

Resistensi Antibiotik
Penggunaan jangka panjang antibiotik atau terlalu sering menggunakan antibiotik dengan dosis semakin meningkat akan menyebabkan resistensi (kekebalan) antibiotik. Cara efektif menghindari resistensi antibiotik adalah dengan mengkonsumsi antibiotik di bawah pengawasan dokter. •

Source : MALE magz no 026

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan kritik & saran xaa... ;)